Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alokasi Waktu Bahasa Indonesia Kelas 1 SD-MI Kurikulum Merdeka

Alokasi Waktu Bahasa Indonesia Kelas 1 SD. Guru harus memahami bagaimana cara melakukan perhitungan waktu pembelajaran sebagai acuan pembuatan bahan ajar. Proses pembelajaran yang baik tentunya membutuhkan perhatian terhadap waktu pembelajaran. Oleh karena itu, menghitung alokasi waktu pembelajaran adalah salah aspek utama dalam membuat perangkat pembelajaran. 

Waktu dari awal proses pembelajaran hingga akhir kegiatan pembelajaran perlu disesuaikan dengan tingkat kebutuhan siswa.

Secara sederhana, alokasi waktu diartikan sebagai penyesuaian waktu dalam kurikulum. Waktu mengacu pada lamanya kegiatan pembelajaran, baik di kelas maupun di laboratorium. Alokasi waktu per kompetensi inti ditentukan dengan mempertimbangkan jumlah, keluasan, kedalaman, tingkat kesulitan, tingkat kepentingan, jumlah minggu efektif, dan sebaran mata pelajaran per minggu pada kompetensi inti tersebut.

Pengorganisasian kurikulum dan rencana pembelajaran harus dipertimbangkan dalam menentukan alokasi waktu. Oleh karena itu, alokasi waktu harus memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk setiap mata pelajaran.

Alokasi waktu harus dapat mencakup jumlah minggu dalam semester atau tahun akademik yang relevan dengan penggunaan waktu belajar untuk mata pelajaran tertentu.

#Distribusi Alokasi Waktu 

Dalam Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka, materi pelajaran dibagi menjadi 35 menit untuk tingkat SD/MI, 40 menit untuk tingkat SMP/MTs, dan 45 menit untuk tingkat SMA/MA.

Analisis alokasi waktu mengacu pada jumlah minggu dalam satu semester atau satu tahun ajaran untuk pemanfaatan waktu belajar pada mata pelajaran tertentu.

Pemantauan ini didasarkan pada jumlah minggu, minggu tidak efektif, dan minggu efektif. Pastikan bahwa jumlah minggu yang sebenarnya dalam satu semester atau tahun akademik dilacak untuk setiap unit studi.

Ketika menganalisis manajemen alokasi waktu, guru harus Menggunakan :

  • Kalender umum untuk menentukan jumlah minggu per bulan dalam satu semester atau tahun akademik.
  • Mengacu pada kalender pengajaran, tentukan jumlah minggu yang valid dan tidak valid untuk setiap bulan dalam satu semester/tahun.
  • Mengalokasikan waktu mengajar untuk setiap unit.
  • Mengalokasikan waktu kelas untuk ulangan harian, ujian tengah semester dan ujian akhir.
  • Mengalokasikan jumlah jam mengajar/jam belajar yang valid secara proporsional untuk semua unit dan semua jenis ujian dalam satu tahun/periode.

Dalam alokasi waktu, jumlah minggu efektif harus dihitung dengan memberikan jumlah hari efektif atau menggunakan aturan “jumlah total minggu - jumlah minggu tidak aktif = jumlah minggu efektif”.

Jumlah minggu efektif tersebut kemudian harus dialokasikan untuk semua kegiatan pembelajaran pada semester berjalan, termasuk kegiatan tatap muka, penilaian harian, PTS, PAS, dan ulangan.

Contoh

1. Pekan Keseluruhan

NoBulanJumlah Minggu KeseluruhanJumlah JamKeterangan
1Juli361 Minggu = 2 JP

1x Pertemuan = 35 Menit
2Agustus48
3September48
4Oktober510
5November510
6Desember510
Jumlah2650

2. Pekan Tidak Efektif

NoBulanJumlah Minggu Tidak EfektifJumlah JamKeterangan
1Juli24MPLS, PTS, PAS
2Agustus00
3September00
4Oktober24
5November14
6Desember48
Jumlah920

3. Pekan Efektif

26 Minggu - 9 Minggu = 16 Minggu

16 Minggu x 2 Jam Pelajaran = 32 Jam Pelajaran

NoKegiatanMinggu EfektifJumlah Jam Pelajaran
1Tatap Muka1122
2Ulangan Harian36
3PTS12
4PAS12
Jumlah1632

#Alokasi Waktu Bahasa Indonesia Kelas 1 SD-MI Kurikulum Merdeka

Halo sobat gurumapel, terima kasih telah mengunjungi artikel Alokasi Waktu Bahasa Indonesia Kelas 1 SD-MI Kurikulum 2013 Merdeka. Tentu kami paham, kunjungan Anda adalah untuk mengunduh file yang telah kami bagikan hari ini yang berjudul Alokasi Waktu Bahasa Indonesia Kelas 1 SD-MI Kurikulum 2013 Merdeka.

Tentu saja untuk mendapatkannya, Anda harus mendownload file tersebut dari link download yang telah kami sematkan. Anda juga bisa mendapatkan file Alokasi Waktu Bahasa Indonesia Kelas 1 SD-MI Kurikulum 2013 Merdeka dengan mengikuti petunjuk downloadnya.

Link download Alokasi Waktu Bahasa Indonesia Kelas 1 SD-MI Kurikulum Merdeka sudah kami sematkan di bawah ini. Namun sebelum mendownload, silahkan chat dengan kami jika mengalami kendala, Anda dapat mendownload Alokasi Waktu Bahasa Indonesia Kelas 1 SD-MI Kurikulum 2013 Kurikulum Merdeka dari sini..

Alokasi Waktu Bahasa Indonesia Kelas 1 SD-MI Kurikulum Merdeka

Alokasi Waktu Bahasa Indonesia Kelas 1 SD-MIAlokasi Waktu Bahasa Indonesia Kelas 1 SD-MI Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka - 2024/2025.